Desain Rumah Minimalis Serta Karakter Penghuninya

Desain rumah minimalis bukan hanya berarti kecil, tapi juga punya ciri khas yang kental dengan karakter masyarakat modern. Rumah bisa jadi perwakilan dari karakter para penghuninya. Konsep rumah minimalis biasanya menggambarkan penghuninya yang praktis, serba cepat, sibuk dan modern.

Untuk menampilkan secara jelas material bahan yang digunakan pada ornamen, desain rumah minimalis biasanya memunculkan ornamen tertentu namun tetap kelihatan sederhana dan tak berlebihan, itu dari aspek eksteriornya. Sedangkan pada aspek interior, demi terciptanya dekorasi interior yang mengedepankan bentuk yang kaku seperti balok atau kubus, gaya modern dan minimalis dikolaborasi dengan sempurna. Desain multifungsi lebih baik untuk diterapkan pada desain rumah minimalis demi pemanfaatan ruang.

Agar rumah minimalis impian anda tetap nyaman untuk ditempati, kita mesti mempertimbangkan beberapa faktor, namun bukan hal yang mudah untuk menerapkan konsep desain rumah minimalis.

Fungsi
Berkaitan dengan penggunaan space yang terbatas terutama bagi penempatan furniture nantinya, faktor ini penting dalam mendesain rumah minimalis. Desain yang mengutamakan kesesuaian dengan kebutuhan dan fungsi adalah desain yang fungsional.


Rapi
Konsep dan desain rumah minimalis tidak menggunakan campuran ornamen kurva atau berlekuk dengan ornamen bersudut. Kita mesti menentukan salah satunya, tapi dianjurkan untuk menggunakan ornamen bersudut seperti balok atau kubus agar penggunaan ruang  yang optimal.


Praktis
Untuk menghemat energi dan waktu dalam perawatan rumah minimalis, maka perlu mengedepankan faktor ini. Kita juga harus mempertimbangkan faktor pendukung seperti kekuatan bangunan, ketahanan bangunan terutama pada cuaca ekstrim serta bencana alam dan jenis tanah.
Cari tahu dulu karakter dan kebiasaan, serta kecenderungan kita dan penghuni rumah lainnya sebelum memutuskan untuk memakai desain rumah  minimalis. Rumah minimalis hanya cocok bagi mereka yang suka dengan space yang bersih serta multifungsi.



Sebaliknya konsep desain rumah minimalis tidak cocok bagi kita yang punya hobby memajang perabot serta koleksi mahal di ruang tamu.




No comments:

Post a Comment