Konsep Desain Rumah Ramah Lingkungan

Pemanasan global membuat konsep desain rumah ramah lingkungan muncul ke permukaan. Ada 3 faktor dalam membangun rumah ramah lingkungan yaitu desain rumah, penggunaan listrik dan pola pemanfaatan air.

Baiklah, mari kita bahas satu persatu:

1.     Desain Rumah
Siapkan setidaknya 25% dari luas lahan yang ada untuk menanam tanaman obat, tanaman buah atau tanaman hias. Ini akan sangat berguna untuk menjaga kualitas udara disekitar rumah anda serta berfungsi sebagai area resapan air. Konsep desain rumah ramah lingkungan selalu menghasilkan udara yang bersih dengan banyaknya bukaan berupa pintu atau jendela sebagai sirkulasi udara. Untuk menurunkan suhu panas di dalam rumah, maka pada bagian atap bisa dibuatkan sebuah taman atau green garden alias roof garden.

2.     Maksimalkan Pemanfaatan Air
Tidak boros mengkonsumsi air dengan cara hemat dalam menggunakan air, membuat sumur resapan, dan mendaur ulang air. Sumur resapan digunakan untuk menampung air hujan sehingga tidak ada air yang terbuang. Mandi memakai gayung lebih boros dibanding mandi dengan menggunakan shower.

3.     Penggunaan Daya Listrik
Hal hal sepele seperti mematikan lampu pada ruangan yang tidak terpakai atau tidak digunakan kadang kita lupakan, padahal ini bisa menghemat banyak pemakaian listrik. Juga penempatan ventilasi yang tepat pada rumah, membuat kita tidak harus menyalakan lampu pada siang hari karena cahaya yang masuk dari ventilasi sudah cukup menerangi ruangan pada siang hari. Konsep desain rumah ramah lingkungan juga ditandai dengan desain ruangan yang minim sekat atau dinding, untuk menyerap sinar matahari lebih maksimal serta membuat sirkulasi udara dalam ruangan lebih bagus.

Berikut beberapa gambar dari desain rumah ramah lingkungan:

















No comments:

Post a Comment