Tips Menentukan Desain Interior Rumah Yang Cocok

Rumah merupakan kebutuhan yang sangat penting untuk kita miliki. Banyak orang yang berjuang mati-matian hanya untuk membeli rumah untuk tempat tinggal. Hal tersebut karena rumah menjadi tempat kita berlindung dari adanya gangguan yang muncul akibat alam dan sekitarnya. Rumah menjadi tempat kita berlindung dari terpaan panas dan hujan. Selain itu rumah juga menjadi tempat kita bernaung saat pulang dan ingin mengistirahatkan diri dari kesibukan sehari-hari. Karena berbagai alasan tersebutlah kita harus membuat rumah kita menjadi senyaman mungkin agar kita betah tinggal di rumah. Oleh karena itu dalam artikel ini kita akan membahas tentang tips menentukan desain interior rumah yang cocok bagi anda.

Sesuaikan Dengan Luas Tanah
Hal yang pertama yang harus anda pertimbangkan dalam menentukan desain interior rumah adalah bahwa anda harus menyesuaikan dengan luas tanah yang anda miliki. Luas tanah ini harus anda ukur dengan benar dan sangat tepat agar nantinya bangunan yang akan anda bangun bisa sesuai dengan desain dan tidak melenceng. Hal ini juga sangat penting mengingat luas tanah juga sangat berpengaruh untuk menentukan cocok atau tidaknya desain interior yang ingin anda beli. Jadi sebelum anda memutuskan untuk membeli salah satu perangkat interior rumah terlebih dahulu anda harus mempertimbangkan tentang luas ruangan yang akan anda isi.

Misalnya saja jika anda ingin mengisi salah satu ruangan pada rumah anda dengan desain interior rumah yang anda inginkan maka and harus menyesuaikan desain interior untuk rumah tersebut dengan luas ruangan yang akan anda isi. Sebagai contoh jika anda ingin mengisi interior yang akan ditempatkan pada ruang tamu yang luasnya adalah sekitar 10 x 10 meter maka anda bisa menempatkan sofa yang berukuran 4 hingga 5 meter dan karena masih ada ruangan yang tersisa maka anda bisa memanfaatkan untuk interior yang lain seperti lemari hias, vas bunga dan sebagainya.

Namun jika luas ruang tamu yang ingin anda isi hanya berkisar sekitar 5 x 5 meter maka sebaiknya anda harus lebih bijak dalam menempatkan interior yang anda inginkan. Dengan luas ruang tamu yang terbatas akan lebih baik jika anda menempatkan ruangan anda seminimal mungkin. Dan sesuai dengan namanya, luas ruangan yang minimal maka akan sangat tepat dengan tema ruangan yang minimalis. Seperti misalnya desain interior rumah yang hanya berisikan seperangkat meja dan juga kursi saja sepertinya sudah cukup untuk melengkapi ruang tamu anda yang terbatas dari segi ukurannya.

Pertimbangkan Konsep Dan Tema
Berikutnya yang tidak kalah penting untuk anda pertimbangkan dalam menentukan desain interior rumah adalah dari segi konsep dan juga tema. Konsep dan tema ini sangat penting untuk mewujudkan tampilan yang anda inginkan dari rumah anda. Konsep dan tema ini sangat bermacam-macam, tergantung dari keinginan dan selera sang pemilik rumah. Ada yang menginginkan rumahnya untuk menjadi layaknya rumah barbie yang imut dan lucu sehingga diberi warna yang serba girly seperti misalnya serba pink. Namun ada juga orang yang menginginkan tema atau konsep maskulin pada rumahnya sehingga mereka membuat tampilan dari rumah tersebut dengan warna-warna yang maskulin seperti hitam atau merah.

Dalam hal ini anda harus menyesuaikan desain interior rumah tersebut dengan seluruh penghuni rumah. Hal tersebut sangat diperlukan karena setiap penghuni rumah memiliki hak untuk membentuk rumahnya menjadi seperti apapun mengingat setiap penghuni juga nantinya akan ikut menikmati tema dan konsep tersebut. Hanya saja agar konsepnya tidak saling berseberangan dan tidak bersilangan alangkah lebih baiknya jika hal tersebut dikomunikasikan dengan seluruh penghuni rumah. Karena akan sangat tidak lucu jika dari luar rumah tersebut tampak maskulin namun begitu dilihat dari dalam justru sangat girly.

Atau misalnya saja anda ingin konsep rumah klasik modern sehingga dari tampilan rumah tampak depan terlihat seperti rumah dengan tema klasik modern namun begitu dilihat dari dalam ternyata desain interior rumah yang dipakai serba minimalis. Hal tersebut akan sangat terlihat tidak menyatu sehingga justru akan merusak tampilan dari rumah tersebut. Jadi sangat disarankan untuk membuat tema dan konsep dari rumah tersebut dengan integratif agar tampilan rumah menjadi indah dilihatbaik dari luar maupun dari dalam.

Macam-Macam Jenis Interior Untuk Rumah
Tidak lengkap rasanya jika membicarakan tentang desain interior rumah tanpa membicarakan tentang macam-macam dan jenis-jenis interior rumah yang bisa anda terapkan di dalam ruangan rumah anda. Sebenarnya sangat banyak sekali jenis-jenis interior rumah yang unik, menarik dan mampu menciptakan suasana yang anda inginkan dalam rumah anda. Jenis-jenis interior untuk rumah tersebut terbagi menjadi empat bagian yakni interior klasik kontemporer, interior minimalis, interior mewah dan yang terakhir adalah interior sederhana. Untuk penjelasan lebih lengkapnya berikut ini ulasannya.

Interior Klasik Kontemporer
Desain interior rumah pertama yang akan kita bahas adalah rancangan interior rumah dengan gaya klasik kontemporer. Gaya klasik kontemporer ini merupakan salah satu gaya interior yang juga menjadi favorit. Hal tersebut karena gaya interior yang satu ini memadukan antara model-model interior klasik yang berpadu dengan interior modern sehingga dapat menampilkan tampilan yang sangat menarik pada ruangan rumah anda. Gaya interior yang satu ini sering juga disebut dengan gaya klasik modern. Bedanya dengan real clasic adalah jika real clasic biasanya tidak menyertakan interior-interior modern seperti sofa dan semacamnya.

Desain Interior Rumah Minimalis
Untuk desain interior rumah yang selanjutnya adalah desain yang saat ini sedang sangat familiar karena banyak sekali orang yang menerapkan rancangan yang satu ini. Rancangan yang sangat popular ini mengusung tema dan konsep yang seminim mungkin dengan tampilan yang sederhana namun tetap memukau. Tentu anda tidak asing dengan konsep yang satu ini bukan? Ya. Konsep ini sering disebut dengan nama konsep desain interior rumah minimalis. Desain ini sangat cocok diterapkan bagi anda yang memiliki ruangan dengan luas yang terbatas. Dan karena sekarang ini banyak rumah yang berukuran minimalis maka desain interior pada rumah yang satu ini tidak mengherankan jika sangat populer.

Desain Interior Rumah Sederhana Dan Interior Mewah
Dan yang berikutnya adalah desain interior rumah yang bertajuk sederhana. Desain yang satu ini hampir sama dengan desain rumah minimalis karena tentunya desain sederhana ini sarat akan ukuran yang tidak luas. Selain itu desain yang satu ini juga sangat cocok diterapkan bagi anda yang hanya memiliki dana yang terbatas. Yang terakhir yaitu desain interior rumah yang bertajuk desain interior rumah mewah. Desain yang satu ini merupakan kebalikan dari desain interior rumah sederhana. Desain ini biasanya diisi dengan perabotan-perabotan yang mahal danbermerk. Sehingga jika anda menginginkan desain interior rumah yang satu ini maka anda harus menyiapkan dana yang lebih banyak untuk bisa memaksimalkan desain rancangan mewah tersebut.


Deskripsi: Desain interior rumah ini bisa anda sesuaikan dengan keinginan dan kondisi atau luas rumah anda supaya hasilnya jadi maksimal. 


No comments:

Post a Comment