Tips Membangun Rumah Jawa Modern

Pembangunan rumah adat yang dikombinasikan dengan gaya rumah modern saat ini menjadi pilihan baru yang menarik. Dengan memilih berbagai macam rumah adat, kita dapat melestarikan kekayaan budaya Indonesia. Terlebih lagi dikombinasikan dengan gaya modern seperti pelengkapan furniture rumah dan elektronik modern membuat rumah adat menjadi tidak ketinggalan jaman. Contohnya, pembangunan rumah jawa modern. Untuk membuat rumah jawa modern, cobalah untuk mengaplikasikan tips membangun rumah jawa modern ini.

Ciri Khas Rumah Joglo Jawa
Joglo merupakan rumah adat khas jawa yang unik. Rumah ini terdiri dari tiga bagian utama yaitu pendopo, bagian pringgitan dan omah ndalem. Ruangan gaya joglo ini memiliki ruangan yang luas. Pendopo biasanya dimanfaatkan sebagai tempat penerimaan tamu. Di tempat ini sering dijadikan tempat perkumpulan keluarga dan arisan. Ruangan pringgitan dahulu sebagai tempat pertunjukan wayang kulit. Dengan rumah jawa modern ini, ruangan ini dimanfaatkan sebagai ruangan keluarga atau bersantai. Contohnya Anda dapat memanfaatkan ruangan ini sebagai ruangan santai yang dilengkapi dengan satu set hiburan elektronik. Ruangan terakhir yaitu oman njero yang dimanfaatkan untuk kamar di bagian kanan, kiri, dan tengah tuangan.

Bagian pendopo memiliki 4 pilar yang merupakan lambing dari arah mata angin. Sedangkan bangunan lainnya dibuat dengan bentuk yang memiliki ketinggian yang berbeda. Contohnya, pembuatan ketinggian yang berbeda di bagian oman njero ini difungsikan untuk menunjang proses sirkulasi udara. Oleh karena itu, suasana rumah lebih segar dan nyaman.

Tips Membangun Rumah Jawa Modern
Untuk membangun rumah jawa modern, pilihlah bahan bangunan berupa kayu. Anda juga dapat mengkombinasikan bangunan beton sebagai konstruksi rumah modern yang kuat. Contohnya Anda dapat memanfaatkan pintu dan jendela yang didesain dengan ukiran gebyok yang cantik. Dengan begitu rumah Anda akan terlihat klasik. Seimbangkan aksesoris untuk rumah jawa modern Anda dengan benda-benda klasik khas jawa. Untuk menambah kesan modern, pilihlah furniture bergaya modern untuk ruang tamu Anda. Kombinasikan juga warna-warna lembut yang cocok untuk gaya rumah jawa modern ini seperti cream, coklat, dan warna lembut lainnya. 





No comments:

Post a Comment